Langsung ke konten utama

Tujuan dan Latar Belakang Jurusan Baru Teknik Sepeda Motor


Bengkel Baru SMK Annuriyyah
Selamat atas diresmikannya jurusan baru di SMK ANNUURIYYAH "TKR (Sepeda Motor)", ditahun ajaran baru kami menerima siswa/i yang berminat dijurusan baru ini, dengan ini kami berharap agar bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar maupun terhadap intern sendiri. Adapun alasannya adalah sebagai berikut:

TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN
Kondisi Ruangan Bengkel

Mempersiapkan peserta didik menjadi manusia islami yang produktif, mampu bekerja mandiri dan dapat diserap oleh DU/DI sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompotensi yang dimilikinya.
Memberikan pembekalan agar mampu berkarir, ulet dan giat dalam berkompetensi, mampu beradaptasi dilingkungan kerja dan dapat mengembangkan sikap propesional sesuai kompetensi yang dimilikinya.
Membekali peserta didik dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan wawasan entreuprener agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melanjutkan pada jenjang pendidikan lebih tinggi.
Membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten di bidang :
Perawatan dan perbaikan motor (engine) / tune up.
Perawatan dan perbaikan sistem pemindah tenaga/ transmisi.
Perawatan dan perbaikan chasis dan suspensi.
Perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan.

 
Alat-alat Ringan Bengkel
KOMPETENSI KEAHLIAN YANG DI AJARKAN

Kompetensi yang diajarkan di Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Sunan Drajat Lamongan meliputi :

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

Memahami dasar-dasar mesin
Memahami proses-proses dasar pembentukan logam
Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi
Menginterpretasikan gambar teknik
Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja
Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools)
Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja

KOMPETENSI KEJURUAN

Melakukan perbaikan sistem hidrolik sepeda motor
Memperbaiki sistem gas buang
Memelihara baterai
Melaksanakan overhaul kepala silinder
Melakukan overhaul sistem pendingin berikut komponen-komponennya
Melakukan perbaikan sistem bahan bakar sepeda motor
Melakukan perbaikan engine sepeda motor berikut komponen-komponennya
Melakukan perbaikan unit kopling sepeda motor berikut komponen-komponen sistem pengoperasiannya
Melakukan perbaikan sistem transmisi manual
Melakukan perbaikan sistem transmisi otomatis
Melakukan perbaikan sistem rem
Melakukan perbaikan sistem suspensi
Melaksanakan pekerjaan servis pada roda, ban, dan rantai
Melakukan perbaikan ringan pada rangkaian sistem kelistrikan dan instrumen
Melakukan perbaikan sistem starter
Melakukan perbaikan sistem pengisian
Melakukan perbaikan sistem pengapian

KOMPETENSI TAMATAN

Kemampuan tamatan Program Keahlian Teknik Otomotif kompetensi Teknik Sepeda Motor adalah :
Mampu memberikan jasa pelayanan pemeliharaan dan perbaikan di bidang perbengkelan sepeda Motor.
Mampu mengidentifikasi jenis kerusakan dari seluru sistem otomotif sepeda motor beserta komponen-komponennya.
Mampu membongkar, memperbaiki dan mengganti seluruh sistem otomotif sepeda motor berikut komponennya .

LINGKUP PEKERJAAN

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor antara lain :
Teknisi atau Mekanik pada Bengkel Sepeda Motor
Teknisi perakitan atau teknisi produksi pada industri Sepeda Motor.
Wirausahawan dalam bidang Otomotif (Bengkel Sepeda Motor).

Source: Googling 

Firmansyah, S. Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Akhir UTS Mading 3D Fakta Opini Bahasa indonesia Kelas X 2014

  Mading 3D Bertemakan "Walikota Tri Risma Maharini" TUGAS UTS MADING 3D FAKTA & OPINI BAHASA INDONESIA Oleh M. Mukhlash Hadi Firmansyah, S. Pd. Kami selaku guru mata pelajaran bahasa indonesia kelas X memberikan tugas kepada lima kelompok besar yang beranggotakan lima sampai enam orang untuk menumpahkan materi bahasa indonesia "Fakta & Opini", antusias para siswa siswi SMK ANNURIYYAH sangatlah baik sekali, saya sebagai guru mata pelajaran ini turut bangga dengan karya mereka yang bisa dibilang sangat luar biasa. kami harap ini adalah langkah awal kami membentuk karakter siswa siswi yang bisa berkarya lebih dari satu bidang. Dengan kutipan “Orang yang sehat mempunyai seratus keinginan, orang yang sakit hanya punya satu keinginan” Semoga SUKSES Siswa-Siswi kami M. Mukhlash Hadi Firmansyah, S. Pd. Terimakasih Kami Sampaikan Kepada : Bapak KH. Misbahuddin Selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Hidayah Annuriyyah Bpk. H. Nasirin Sebagai Ke

Kunjungan Industri PT AMERTA INDAH OTSUKA SMK AN Nuriyyah Benjeng Gresik Angkatan 2013/2014

Suasana Persiapan Kunjungan Industri Pkl. 05.30 WIB A. Latar Belakang Kunjungan Industri Kunjungan industri dilakukan untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Siswa dituntut untuk aktif menggali informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang proses pembuatan suatu produk. KUNJUNGAN INDUSTRI dilakukan untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang industri dan proses produksi di berbagai bidang. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi yang di peroleh selama kunjungan industri tentang perusahaan yang bersangkutan. B. Tujuan Kunjungan Industri Ada beberapa TUJUAN diadakannya kunjungan industri bagi siswa/siswi sebagai berikut: Memperluas pengatahuan siswa dalam lingkungan dunia kerja. Mendorong siswa agar mempunyai minat bekerja di perusahaan. Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan. Mendorong siswa

Opini Masa Orientasi Siswa Sekolah (MOSS)

BUDAYA PENJAJAHAN UNTUK BANGSA TERJAJAH BUDAYA PARA PENJAJAH YANG TIDAK PERNAH DI TERAPKAN UNTUK ANAK-ANAK BANGSA MEREKA SENDIRI  BUDAYA MENGHUKUM DAN MENGHAKIMI PARA PENDIDIK DI INDONESIA BUDAYA KEBODOHAN YANG MASIH TERUS DILESTARIKAN HINGGA HARI INI Opini Tentang MOS Ditulis oleh: Prof. Rhenald Kasali (Guru Besar FE UI) 1 5 belas tahun lalu saya pernah mengajukan protes pada guru sebuah sekolah tempat anak saya belajar di Amerika Serikat. Masalahnya, karangan berbahasa Inggris yang ditulis anak saya seadanya itu telah diberi nilai E (excellence) yang artinya sempurna, hebat, bagus sekali. Padahal dia baru saja tiba di Amerika dan baru mulai belajar bahasa. Karangan yang dia tulis sehari sebelumnya itu pernah ditunjukkan kepada saya dan saya mencemaskan kemampuan verbalnya yang terbatas. Menurut saya tulisan itu buruk, logikanya sangat sederhana. Saya memintanya memperbaiki kembali, sampai dia menyerah. Rupanya karangan itulah yang diserahkan anak saya kepada gurunya dan
About | Privacy Policy | Terms and Conditions | Disclaimer | Contact Us